11 January 2022

Boneka Arwah Ivan Gunawan

BONEKA ARWAH ALIAS SPIRIT DOLL : “ANTARA POPULARITAS , HOBBY ATAU SEKEDAR TEMAN DI KALA SEPI”

Koresponden Asia Tenggara BBC, Jonathan Head melaporkan hasil wawancaranya dengan seorang biksu di Thailand terkait boneka arwah. Di Thailand, upacara pemberkatan pada benda-benda mati menjadi jimat keberuntungan sudah jamak dilakukan oleh para biksu. Upacara yang disebut “Plook Sek” itu memberkati mobil hingga boneka.

“Setiap orang punya kepercayaan mereka sendiri-sendiri. Tapi kepercayaan mereka pada kekuatan luk thep sangat besar. Saat kehidupan mereka membaik, mereka memuja luk thep, tapi ketika keadaan memburuk, mereka meninggalkan boneka-boneka itu di sini [kuil], karena mereka tahu kami menerima mereka,” kata Biksu Phra Prasit Warayan seperti disitat dari BBC.

Sementara dunia Barat memanfaatkan boneka tersebut sebagai terapi para ibu yang kehilangan anaknya. Di medio 1990-an, Beberapa boneka bahkan dipasangi alat elektronik sehingga bisa bergerak dan tampak seperti bernapas. Boneka itu disebut Reborn Doll.

Berbicara mengenai nilai di masyarakat kita, Fenomena boneka arwah ibarat nilai – nilai sampah yang layak dibuang, selayaknya kebudayaan yang baik, ia tak akan bentrok dengan norma agama yang ada di muka bumi ini. Bagaimana bisa, kita sebagai makhluk mulia menggantungkan hidup pada sebuah boneka atau apapun sebutan dan isi di dalamnya, ini sungguh tidak masuk akal !!!

Jika alasan Memiliki boneka ini didasari oleh hobby, mendongkrak popularitas, atau yang lebih dalam lagi dijadikan teman di kala sepi atau bahkan dipercaya sebagai alat pemuja dan keberuntungan. Ini bisa disebut Tuhan Palsu, kenikmatan atau kepuasan yang didapat dari boneka ini berujung kepada musibah atau masalah yang tidak berujung, memang Kenikmatan itu menyenangkan, namun ini adalah suatu nilai yang menakutkan jika dijadikan prioritas dalam hidup anda. Cobalah anda tanya pecandu narkoba atau tukang selingkuh yang mencari kenikmatan dengan meninggalkan istri dan anaknya. mereka memiliki kenikmatan sesaat untuk menuju kehancuran yang lebih lama.

Penelitian menunjukkan, manusia yang lebih memprioritaskan kepuasan atau kenikmatan akan berakhir menjadi lebih cemas, tertekan, tidak stabil dalam emosi karena kenikmatan yang salah adalah kepuasan hidup yang paling dangkal dan sangat mudah hilang.

Contoh kecilnya seperti ini, anda melihat baju yang sangat indah dan modis, anda berfikir harus memilikinya walaupun lemari di rumah anda akan roboh, anda tak pernah peduli dengan harganya, terpakai atau tidak, cocok atau tidak di tubuh anda, yang terpenting anda bisa puas ketika memilikinya. Inilah nilai dangkal yang terlalu berlebihan.

PAda umumnya, mengadopsi Boneka Arwah ini identik dengan seseorang yang sudah memiliki kesuksesan material. Penilaian terhadap benda ini terlalu berlebihan, sehingga berbahaya untuk mengagungkan benda ini diatas semua nilai agama, norma masyarakat, atau bahkan nilai kewarasan. Ketika orang – orang mengukur diri mereka tidak berdasarkan perilaku yang baik melainkan oleh aneka simbol status yang mereka kumpulkan. Bukan hanya mereka adalah orang yang kerdil , namun kemungkinan mereka ini orang – orang gila.

Lihatlah manusia – manusia yang memiliki boneka arwah ini, mereka rata – rata merasa selalu benar, apa yang dilakukannya benar, adalah tidak masalah ketika memelihara boneka dan memperlakukannya layaknya anak sendiri, ia memiliki baby sitter layaknya manusia hidup, ia juga diajak jalan – jalan, ia memiliki media sosial, hal – hal yang sama sekali tidak dibenarkan oleh agama, pun dengan akal sehat kita

Faktanya, orang – orang yang mendasarkan penghargaan diri mereka pada ambisi selalu benar akan menghalangi mereka dari belajar dari kesalahan itu sendiri, mereka kurang mampu mengambil sudut pandang baru dan berempati dengan orang lain

Akan jauh lebih baik dan membantu jika anda mengasumsikan diri anda untuk tidak paham atau tidak tahu banyak hal. Ini menjaga anda untuk tidak terikat oleh segala bentuk tahayul atau keyakinan – keyakinan yang tidak mendasar dan membuat anda dalam situasi untuk tetap terus belajar dan tumbuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
X
Call Now ButtonCALL ME NOW FOR MORE INFO